Rabu, 16 November 2011

Fokus Tingkatkan Kecepatan

WorldNews - Supercar legendaris asal Negeri Matahari Terbit, Nissan GT-R, muncul kembali dengan wajah yang lebih sangar. Inilah wajah baru samurai Jepang versi Nissan yang terus menyeimbangkan diri dengan supercar Eropa. 

Pencinta automotif Indonesia sangat akrab dengan berbagai mobil super asal Jepang.Sebut saja Mitsubishi Evolution yang sudah sangat legendaris di Tanah Air. Selain mobil tersebut, ada satu lagi mobil yang sangat akrab dengan pencinta automotif,yakni Nissan GT-R. Mobil ini sangat legendaris karena berhasil menjadi juara di berbagai ajang motorsport di Jepang. 

Saking legendarisnya, sampai-sampai media automotif di dunia menjuluki mobil ini sebagai Godzilla.Disebut demikian karena kemampuannya yang luar biasa dalam mengalahkan mobil-mobil saingannya di ajang JapanTouring Car(JTC). Namun, prestasi tersebut tidak pernah cukup bagi Nissan. 

Mereka terus memperbaiki kemampuan dan merevisi kekurangan mobil tersebut. Tercatat, hampir setiap tahun ada perubahan- perubahan kecil yang dilakukan pada mobil ini.Akhirnya,November tahun ini Nissan pun melengkapi semua perubahan tersebut dalam Nissan GT-R MY 2012. 

“Kami telah memiliki mobil yang mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 2,7 detik,” tutur Kazutoshi Mizuno, Chief Vehicle Engineer Nissan. Mizuno menegaskan,dalam uji kecepatan dan ketahanan mesin di Sirkuit Nurburgring, Jerman, Nissan GT-R anyar itu mampu menyelesaikan satu putaran sirkuit dalam waktu 7 menit 20 detik.“Dengan kecepatan rata-rata 300 kilometer per jam,”imbuhnya. 

Peningkatan signifikan terjadi pada mesin, chassis dan transmisi dan kesemuanya membuat performa MY 2012 berbeda dengan versi 2011-nya. Nissan mengubah komposisi mesin V6,3,8 liter dengan tenaga lebih besar 543 hp atau naik 19,7 hp, dan kini torsinya juga naik 20 Nm menjadi 632 Nm. 

Adapun transmisinya masih tetap sama. Namun, kini oli diferensial R35 Competition tipe 2189E dengan kode 75W140 menjadi oli standar semua versi GT-R.Karena itu, perpindahan gear semakin mudah dan presisi. R35 GT-R khusus setir kanan pada model 2012 ini mengalami perubahan pada sistem suspensinya dan memakai model asymmetric. Untuk suspensi depan,pernya kini memakai spring rate lebih keras pada sisi kiri. 

Sementara, lengan suspensi belakang dipasang di atas pada sisi kiri dan di bawah pada sisi kanan. Hal ini bertujuan meningkatkan responsivitas dan feeling saat berbelok yang baik. Selain itu berguna untuk kestabilan saat menikung kencang maupun dipakai saat melaju pelan di jalan raya. Kabin GT-R tak berubah,tetapi hanya dipasang tambahan lampu bersinar biru di dalam cincin takometer yang sama dengan posisi lampu indikator gear di dasbor.

Kini mobil ini memakai rar view camera dan tetap memakai bose, tetapi diubah menjadi lebih baik dengan model precision soundsystem plus woofers yang menghasilkan kualitas suara terbaik. Sampai saat ini, belum ada spesifikasi lebih lengkap dari Nissan GT-R model 2012 dan berapa banderol harganya. 

Namun, ada indikasi informasi tersebut keluar pada awal Desember 2011. Mobil ini siap dipasarkan pada 24 November 2011 di Jepang, serta akan masuk Eropa pada awal 2012 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar